Tugas-tugas Manajemen Pemasaran


Tugas-tugas manajer pemasaran dapat dilihat dari segi fungsi manajemen yang dilakukan dalam bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen itu dijalankan untuk mengubah sumber-sumber menjadi produk yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Tugas-tugas itu antara lain : 

· Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen 
· Mengembangkan suatu konsep produk yang ditujukan untuk memuaskan/ melayani kebutuhan 
· Membuat desain produk 
· Mengembangkan pembungkusan dan merk 
· Menetapkan harga agar memperoleh Return on investment yang layak 
· Mengatur distribusi 
· Memeriksa penjualan 
· Menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif dengan menggunkan media atau cara lain yang tepat 

Penyesuaian Permintaan 
Perusahaan dapat menyusun suatu tingkat permintaan pasar yang diharapkan pada saat tertentu. Dapat terjadi bahwa tingkat permintaan riil itu berada dibawah, sama, atau diatas tingkat permintaan yang diharapkan. Untuk menghadapi keadaan permintaan yang berbeda maka manajer pemasaran mempunyai tugas yang berbeda pula. 

Keadaan Permintaan dan Tugas Pemasaran
Keadaan Permintaan
Tugas Pemasaran
Nama Resmi
1.   Permintaan negatif
2.   Tidak ada permintaan
3.   Permintaan latent
4.   Permintaan menurun
5.   Permintaan tidak teratur
6.   Permintaan penuh
7.   Permintaan berlebihan
8.   Permintaan tidak sehat
1.   Positifkan permintaan
2.   Ciptakan permintaan
3.   Kembangkan permintaan
4.   Tingkatkan permintaan
5.   Selaraskan permintaan
6.   Pertahankan permintaan
7.   Kurangi permintaan
8.   Tiadakan permintaan
1.   Conversional markrting
2.   Stimulational marketing
3.   Developmental marketing
4.   Remarketing
5.   Synchromarketing
6.   Maintenance marketing
7.   Demarketing
8.   Countermarketing

 Berikut ini adalah macam-macam permintaan :
1.    Permintaan Negatif
Semua atau sebagian terbesar daei segmen pasar potensial yang penting tidak menyukai produk atau jasa yang ditawarkan, bahkan mereka bersedia membayar untuk menghindarinya. Misalnya :
·         Gol. Orang yang mempunyai permintaan negatif terhadap vasectomy
·         Gol. Orang yang mempunyai permintaan negatif terhadap angkutan dengan bus (suka mabuk)
Tugas Manajer : mempositifkan permintaan, caranya dengan lebih mengenalkan produk atau jasa melalui promosi.
2.    Tidak ada permintaan
Berarti orang itu tidak berminat sama sekali terhadap penawaran suatu produk atau jasa. Penawaran yang ada dalam “tidak ada permintaan” ini dapat digolongkan menjadi 3 kategori, yaitu :
·         Barangnya sudah dikenal tapi dianggap tidak mempunyai nilai
Misalnya : botol-botol kosong yang ada di tong sampah, kaleng bekas, dll
Tugas manajer :  mencoba menghubungkan produk atau jasa tersebut dengan kebutuhan yang ada dipasar. Misalnya dengan menghubungkan barang rongsokan tersebut dengan pembuatan barang seni.
·         Barangnya sudah dikenal dan dianggap bernilai, tapi tidak mempunyai nilai untuk pasar tertentu.
Misalnya : penawaran perahu didaerah yang jauh dari perairan, penawaran mantel tebal didaerah yang tidak pernah dingin
Tugas manajer : mencoba mengubah lingkungan agar barang yang ditawarkan menjadi bernilai. Misalnya : membuat danau rekreasi untuk menciptakan permintaan terhadap perahu.
·         Barangnya baru ditemukan dan menghadapi keadaan “tidak ada permintaan” karena pasarnya tidak mengetahui tentang adanya barang-barang tersebut.
Misalnya : barang-barang perhiasan (biasanya orang baru akan membeli apabila barang tersebut ditunjukkan.
Tugas manajer : menyebarkan informasi tentang suatu barang yang baru ditemukan ke pasar, agar orang-orang tahu dan tertarik membelinya.


0 comments:

Post a Comment