Tugas-tugas manajer pemasaran dapat dilihat dari segi fungsi manajemen yang dilakukan dalam bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen itu dijalankan untuk mengubah sumber-sumber menjadi produk yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Tugas-tugas itu antara lain :
· Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
· Mengembangkan suatu konsep produk yang ditujukan untuk memuaskan/ melayani kebutuhan
· Membuat desain produk
· Mengembangkan pembungkusan dan merk
· Menetapkan harga agar memperoleh Return on investment yang layak
· Mengatur distribusi
· Memeriksa penjualan
· Menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif dengan menggunkan media atau cara lain yang tepat
Penyesuaian Permintaan
Perusahaan dapat menyusun suatu tingkat permintaan pasar yang diharapkan pada saat tertentu. Dapat terjadi bahwa tingkat permintaan riil itu berada dibawah, sama, atau diatas tingkat permintaan yang diharapkan. Untuk menghadapi keadaan permintaan yang berbeda maka manajer pemasaran mempunyai tugas yang berbeda pula.
Keadaan Permintaan dan Tugas Pemasaran
|
Keadaan Permintaan
|
Tugas Pemasaran
|
Nama Resmi
|
|
1.
Permintaan negatif
2.
Tidak ada
permintaan
3.
Permintaan latent
4.
Permintaan menurun
5.
Permintaan tidak
teratur
6.
Permintaan penuh
7.
Permintaan
berlebihan
8.
Permintaan tidak
sehat
|
1.
Positifkan
permintaan
2.
Ciptakan permintaan
3.
Kembangkan
permintaan
4.
Tingkatkan
permintaan
5.
Selaraskan
permintaan
6.
Pertahankan
permintaan
7.
Kurangi permintaan
8.
Tiadakan permintaan
|
1.
Conversional markrting
2.
Stimulational marketing
3.
Developmental marketing
4.
Remarketing
5.
Synchromarketing
6.
Maintenance marketing
7.
Demarketing
8.
Countermarketing
|
Berikut ini
adalah macam-macam permintaan :
1.
Permintaan Negatif
Semua
atau sebagian terbesar daei segmen pasar potensial yang penting tidak menyukai
produk atau jasa yang ditawarkan, bahkan mereka bersedia membayar untuk
menghindarinya. Misalnya :
·
Gol.
Orang yang mempunyai permintaan negatif terhadap vasectomy
·
Gol. Orang yang mempunyai permintaan negatif terhadap
angkutan dengan bus (suka mabuk)
Tugas Manajer : mempositifkan permintaan, caranya dengan
lebih mengenalkan produk atau jasa melalui promosi.
2.
Tidak ada permintaan
Berarti orang itu tidak berminat sama sekali terhadap
penawaran suatu produk atau jasa. Penawaran yang ada dalam “tidak ada
permintaan” ini dapat digolongkan menjadi 3 kategori, yaitu :
·
Barangnya sudah dikenal tapi dianggap tidak mempunyai
nilai
Misalnya : botol-botol kosong yang ada di tong sampah,
kaleng bekas, dll
Tugas manajer :
mencoba menghubungkan produk atau jasa tersebut dengan kebutuhan yang
ada dipasar. Misalnya dengan menghubungkan barang rongsokan tersebut dengan
pembuatan barang seni.
·
Barangnya sudah dikenal dan dianggap bernilai, tapi tidak
mempunyai nilai untuk pasar tertentu.
Misalnya : penawaran perahu didaerah yang jauh dari
perairan, penawaran mantel tebal didaerah yang tidak pernah dingin
Tugas manajer : mencoba mengubah lingkungan agar barang
yang ditawarkan menjadi bernilai. Misalnya
: membuat danau rekreasi untuk menciptakan permintaan terhadap perahu.
·
Barangnya baru ditemukan dan menghadapi keadaan “tidak
ada permintaan” karena pasarnya tidak mengetahui tentang adanya barang-barang
tersebut.
Misalnya : barang-barang perhiasan (biasanya orang baru
akan membeli apabila barang tersebut ditunjukkan.
Tugas manajer : menyebarkan informasi tentang suatu
barang yang baru ditemukan ke pasar, agar orang-orang tahu dan tertarik
membelinya.
0 comments:
Post a Comment