Pengertian Informasi

Informasi adalah sebagai hasil dari pengolahan data dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti lagi bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian (event) yang nyata dapat digukan untuk mengambil keputusan. 

Berikut ini adalah pengertian dari beberapa para ahli yang dalam bukunya menyatakan sebagai berikut : 
  1. Menurut Jogiyanto Hartono (2005:8), Menyatakan bahwa informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. 
  2. Menurut Reymond McLeod (2001:12), Informasi adalah kata yang telah diproses, atau data yang memiliki arti. 
http://globalsearch1.blogspot.com/Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data yang dioalah menjadi bentuk yang lebih berguna dan diinterprestasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan dan lebih berarti bagi yang menerimanya. 

Agar informasi yang disajikan lebih bermanfaat terlebih dahuiu dibuat aliran informasi yaitu perlu diadakan peninjauan terhadap semua informasi agar lebih jelas dan lengkap.Dalam pengambilan suatu keputusan, informasi yang diperoleh harus memiliki kualitas. Kualitas dari suatu informasi bergantung pada dua hal yang penting,yaitu : 

1. Akurat 

Artinya bahwa informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan juga harus jelas mencerminkan maksunya.Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai kepenerima informasi kemungkinan terjadi banyak gangguan yang dapat merubah atau merusak informasi tersebut. 

2. Tepat waktu 

Artinya banyak informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat atau dengan kata lain informasi harus ada pada saat dibutuhkan dalam pengamhilan sebuah keputusan.


0 comments:

Post a Comment