Contoh Penulisan Populasi dan Sampel

A. POPULASI. 

  1. Populasi adalah semua anggota kelompok manusia, binatang, peristiwa, atau benda yang tinggal bersama dalam satu tempat dan secara terencana dan menjadi target kesimpulan dari hasil akhir penelitian. ( Sukardi, Ph.d, 2003). 
  2. Populasi adalah elemen penelitian yang hidup dan tinggal bersama-sama dan secara teoritis menjadi target hasil penelitian. (Babbie, 1983). 
  3. Contoh: guru, siswa, kurikulum, fasilitas, lembaga sekolah, hubungan sekolah dan masyarakat, karyawan perusahaan, jenis kelamin. Dll. 
  4. Populasi terbagi atas dua: 
  5. Populasi Target adalah populasi yang direncanakan dalam penelitian. Misalnya: jumlah guru yang ada dalam satu sekolah. Jika jumlah yang telah ditetetapkan dala
    http://globalsearch1.blogspot.com/
    Add caption
    m penelitian dapat dijangkau secara keseluruhan maka disebut dengan sensus, dan juga sama dengan populasi target. Contoh: peneliti menetapkan 30 guru dalam satu sekolah. 
  6. Populasi Akses adalah Orang-orang atau benda yang pada kenyataannya dapat dijumpai atau ditemui. Contoh dari 30 guru yang telah ditetapkan dalam penelitian tetapi dalam kenyataannya terdapat guru yang telah meninggal, pindah tugas dll, sehingga jumlah hanya 22 orang. 

B. Sampel 

  • Sampel adalah Sebahagian dari jumlah populasi yang telah ditetapkan oleh peneliti. 
  • Beberapa pertimbangan sehingga peneliti melakukan sampling, antara lain: 
1. Populasi yang terlalu besar misalnya 5000 orang. 
2. Banyak membutuhkan biaya. 
3. Banyak membutuhkan tenaga 
4. Menggunakan waktu yang telalu lama 
5. Sulit dijangkau oleh peneliti. 
  • Dalam pengambilan sampel dari populasi, seorang peneliti diharuskan menggunakan teknik yang Ilmiyah atau teknik yang bersifat sistematis. Berikut ini beberapa teknik sampling : 
1.Teknik Random. 
2.Sampling seadanya. 
3.Purposive Sampling 
4.Proporsional Sampling 
5.Stratified Sampling 
6.Cluster Sampling 
7.Multiple Sampling 
  • Jika terjadi kekeliruan dalam pengambilan sampel dari populasi maka dapat bersifat fatal (Error) dari hasil penelitan tersebut. Maka diharapkan seorang peneliti sampel itu bersifat sistematis, obejektif, representat


0 comments:

Post a Comment