Terdapat tiga faktor yang dapat menyebabkan
wujudnya pasar (perusahaan) monopoli. Ketiga faktor tersebut adalah:
1. Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber
daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
2. Perusahaan monopoli pada umumnya dapat
menikmati skala ekonomi (economic of
scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3. Monopoli wujud dan berkembang melalui
undang-undang, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan.
Pasar Monopoli adalah Industri Satu Perusahan
Barang atau jasa yang dihasilkannya tidak dapat
dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau
mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan
monopoli tersebut. Syarat-syarat penjualan sepenuhnya ditentukan oleh monopoli
itu, dan para pembeli tidak dapat berbuat suatu apapun di dalam menentukan
syarat jual beli.
Tidak Mempunyai Barang Pengganti Yang Mirip
Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis
barang yang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip (close subtitute) yang dapat menggantikan barang tersebut. Aliran
listrik adalah contoh dari barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang
mirip. Yang ada hanyalah barang pengganti yang sangat berbeda sifatnya, yaitu
lampu minyak.
Tidak Terdapat Kemungkinan Untuk Masuk ke Dalam Industri
Tanpa sifat ini pasar monopoli tidak akan wujud
karena tanpa adanya halangan tersebut pada akhirnya akan terdapat beberapa
perusahaan di dalam industri. Keuntungan perusahaan monopoli tidak akan
menyebabkan perusahaan-perusahaan lain memasuki industri tersebut.
Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga
Oleh karena perusahaan monopoli merupakan
satu-satunya penjual di dalam pasar, maka penentuan harga dapat dikuasainya.
Oleh sebab itu perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter.
Promosi iklan kurang diperlukan
Oleh karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya
perusahaan di dalam industri, ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan
menggunakan iklan. Pembeli yang memerlukan barang yng diproduksinya terpaksa
membli daripadanya. Walau bagaimanapun perusahaan monopoli sering membuat
iklan. Iklan tersebut bukanlah bertujuan untuk menarik pembeli, tetapi untuk
memelihara hubungn baik dengan masyarakat.
0 comments:
Post a Comment