Customer Dependency
Elemen
ketrgantungan konsumen terhadap produsen disebabkan oleh:
o Akses
lokasi karena sangat strategis
o Kemampuan
pegawai mengenal pelanggan
o Inovasi
produk bermutu atau jasa memuaskan
Keterikatan
yang sukarela menandakan adanya rasa puas, tapi bila terpaksa maka perusahaan
menghadapi tantangan untuk menumbuhkan dalam diri pelanggan perasaan yang tulus
terhadap hubungan mereka. Pada bank: keterikatan nasabah dipengaruhi oleh
kedekatan karyawan bank dengan nasabahnya, dan ketersediaan akses. Pada pusat
belanja: para pedagang merasa terikat karena program bauran pemasaran, CRM, dan
nilai pelanggan.
Turbo Marketing
Setelah
kita melihat orientasi perusahaan dalam menghadapi saingan melalui evaluasi
konsep maka ada pembaharuan terakhir usaha perusahaan mengatasi saingan melalui
strategi turbo marketing.
Sedari
dulu perusahaan mengungguli saingan melalui:
1) Perang
harga, dengan cara meningkatkan efisiensi, harga murah, produksi besar-besaran
2) Perang
dessain, produk perusahaan tampil beda dari perusahaan lain. Orang berlomba
dalam membuat desain, style, rasa, bentuk, dan sebagainya
3) Perang
kualitas, produk perusahaan diusahakan makin baik, berkualitas dengan
menerapkan Total Quality Control
4) Perusahaan
menerapkan strategi turbo marketing, dengan berusaha menekan waktu sehingga
perusahaan lebih unggul dalam hal:
v Proses
produksi lebih cepat sehingga konsumen tidak menunggu lama.
Contoh: KA Ekspres,
surat kilat khusus, produk mobil terbaru tidak perlu inden.
v Pelayanan
lebih cepat sehingga konsumen lebih cepat melihat hasilnya.
Contoh: cetak foto
kilat, fast food, dll.
0 comments:
Post a Comment