Kebijaksanaan harga adalah keputusan mengenai
harga-harga yang akan diikuti untuk jangka waktu tertentu. Kebijaksanaan harga
dapat ditentukan oleh beberapa lembaga seperti:
v Produsen
v Grosir
v Retailer
v Pemerintah
Produser dapat membuat kebijaksanaan harga seperti
model skimming price, penetration price.
Grosir dapat melakukan kebijaksanaan harga
berdasarkan daerahpembeli, dengan membebankan ongkos transport atau sebaliknya.
Kebijaksanaan harga oleh retailer, lebih banyak
variasinya, yang tujuannya adalah untuk menarik konsumen.
Kebijaksanaan harga pemerintah
sebagai pengawas ekonomi di masyarakat dapat menetapkan harga berdasarkan
ceiling price dan floor price.
Ø Price Discount
Kadang-kadang toko eceran
menjual barang lebih murah, ini dimugkinkan karena adanya discount. Discount
ini dapat diberikan berdasarkan jumlah pembelian, karena musim, ada tujuan
tertentu perusahaan dan karena sistem pembayaran.
Ø Promotional Discount
Ada dua tipe promotional
discount, yaitu markdowns dan loss leaders. Markdown discount berarti discount
yang diadakan untuk memberanikan konsumen membeli barang yang sebenarnya tidak
ia perlukan.
Ø A loss leader
Ini berarti usaha untuk
menjual barang dibawah harga pokoknya. Agar denagn demikian merangsang orang
untuk membeli barang lain. Pengusaha akan rugi besar bila konsumen yang datang
hanya membeli barang loss leadersaja. Akan tetapi dalam kenyataan konsumen yang
datang, juga membeli barang lain untuk kebutuhan rumah tangga.
Ø Penetapan harga barang baru
Price skimming. Dalam
hal ini pengusaha menetapkan harga setinggi mungkin. Hal iini dimungkinkan
karena belum ada barang saingan, dal barang ditujukan untuk golongan kaya.
Barang ini harus mempunya keistimewaan, dan menimbulkan prestise bagi para konsumennya.
Setelah barsng laku, kemudian harganya berangsur diturunkan, dan keuntungan
pengusaha makin berlipat ganda
Penetration pricing.
Kabijaksanaan harga ini berlawanan dengan skimminh price. Barang ini sudah
banyak saingan di pasar. Oleh sebab itu untuk memasuki pasar harganya harus di
banting serendah munggkin.
Geographic pricing.
Kebijaksanaan harga terakhir adalah yang memperhatikan ongkos pengiriman.
Setelah terjadi penjualan siapakah yang menanggung biaya pengiriman, apakah
penjual atau pembeli, ini disebut geographic pricing karena mempertimbangkan
lokasinya
0 comments:
Post a Comment