Pengertian Kartografi Menurut Para Ahli

Kartografi adalah ilmu, seni, dan teknologi untuk membuat peta. Suatu Peta merupakan penggambaran secara grafis atau bentuk skala (perbandingan) dari konsep mengenai bumi. Hal ini berarti bahwa peta merupakan alat untuk menyampaikan informasi mengenai ilmu bumi. Peta merupakan media yang universal untuk komunikasi sehingga dapat mudah dipahami dan dimengerti oleh setiap orang dengan mengabaikan budaya dan bahasa.

Sebuah peta merupakan kumpulan gagasan, penggambaran tunggal, konsep-konsep mengenai ilmu bumi yang secara terus menerus mengalami perubahan (Merriam, 1996). Seperti apa peta dahulu diketahui, pengetahuan dasar mengenai peta sama seperti halnya filosofi. Yang mana sering terdapat perbedaan dengan pemetaan modern. Peta adalah alat yang digunakan oleh ilmuwan mencurahkan ide-ide dan menyampaikannya untuk generasi masa depan.

Peta lebih kecil dari wilayah yang mereka menggambarkan: mereka menyajikan berbagai potongan informasi geografis pada skala berkurang. Setiap peta memiliki pernyataan skala, yang merupakan ekspresi dari rasio antara peta jarak dan jarak yang sebenarnya. Pernyataan ini dapat mengambil banyak bentuk, dan banyak peta mengungkapkan besaran di lebih dari satu cara. 

Skala grafis garis atau bar yang menunjukkan berapa mil atau kilometer yang sebenarnya diwakili oleh sejumlah tertentu inci atau sentimeter pada peta. Skala lain menunjukkan jarak sebagai rasio antara dua titik pada peta dan jarak geografis yang sebenarnya mereka. Misalnya, peta dengan skala 1: 100.000 memberitahu pembaca peta bahwa setiap 1 satuan jarak pada peta sama dengan 100.000 unit yang sama jarak di tanah. Dalam contoh ini, 1 inci atau sentimeter pada peta akan sama 100.000 inci atau sentimeter di kejauhan tanah yang sebenarnya. 

Kartografer tradisional diperoleh informasi dari navigator dan surveyor. Untuk peta berabad-abad yang diproduksi seluruhnya dengan tangan. Mereka ditarik atau dicat di atas kertas, kulit, perkamen, tablet tanah liat, dan lempengan kayu. Setiap peta adalah karya asli. Setelah mesin cetak dikembangkan di Eropa pada tahun 1400-an, banyak reproduksi yang dibuat dari karya asli. Peta menjadi lebih umum dan lebih mudah diakses. 

Contoh Kartografi atau Peta 
Pengertian Kartografi Menurut Para Ahli


0 comments:

Post a Comment