Cara Memasuki Pasar Global

Ekspansi internasional dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain :

1. Ekspor

Perusahaan-perusahaan industrial memulai ekspansi internasionalnyadengan mengekspor barang-barang atau jasa ke negara-negara lain.Keuntungan yang diperoleh melalui ekspor diantaranya adalah melakukan ekspor tidak memerlukan biaya untuk membangun kegiatan operasi di negara tuan rumah. Sedangkan kelemahan dari teknik ekspor adalah :
  • para eksportir harus membangun beberapa sarana untuk memasarkan dan mendistribusikan produk-produk mereka biasanya melalui perjanjian kontrak dengan perusahaan-perusahaan tuan rumah
  • biaya transportasi tinggi dan pajak yang dikenakan pada barang-barang yang masuk
  • eksportir kurang memiliki kontrol terhadap pemasaran atau menginzinkan distributor untuk menambahkan biaya untukmenutupi biaya yang keluar dan mendapatkan laba
2. Pemberian lisensi

Perjanjian lisensi memungkinkan sebuah perusahaan asing untuk membeli hak untuk memproduksi dan menjual produk-produk perusahaan dalam negara tuan rumah atau sejumlah negara. Pihak yang memberi lisensi mendapatkan royalti untuk setiap unit yang diproduksi dan dijual. Pemberian lisensi merupakan salah satu bentuk jaringan organisasional yang semakin umum dilakukan, khususnya diantara perusahaan-perusahaan kecil. Pemberian lisensi juga merupakan salah satu cara untuk memperluas tingkat laba yang didasarkan pada inovasi-inovasi sebelumnya. Kelemahannya adalah :
  • Rawannya terhadap pembajakan sehingga mempengaruhi omzet penjualan, ironinya karena dengan kemajuan teknologi hal tersebut mudah dilakukan.
  • Pemberian lisensi membuat perusahaan tidak dapat terlalu mengontrol pabrikasi dan pemasaran produk-produknya ke negara-negara lain
  • Pemberian lisensi memberikan potensi laba minimal karena laba harus dibagi antara pemegang lisensi dan pemberi lisensi.
  • Pada situasi yang tidak menguntungkan, perusahaan internasional dapat mempelajarai teknologi dan menghasilkan serta menjual produk kompetitif yang serupa setelah lisensi itu jatuh tempo.



0 comments:

Post a Comment