PENGERTIAN PELATIHAN

Menurut Daryanto ( 2007: 393 ) dalam buku Kamus Bahasa Indonesia, kata “pelatihan” berasal dari kata “latih” (melatih) yang berarti mengajar seseorang atau binatang agar mampu melakukan sesuatu yang diharapkan (sesuatu latihan); membiasakan untuk melakukan atau berbuat sesuatu yang baik. Dan yang dimaksud dengan “pelatihan” adalah proses, cara, perbuatan melatih, kegiatan atau pekerjaan melatih.

Selanjutnya pelatihan itu sendiri tidak harus diartikan secara sempit berupa penataran, lokakarya atau semiloka, namun pelatihan dapat diartikan secara luas. Pelatihan merupakan salah satu tipe program pembelajaran yang menitik beratkan pada perbaikan kecakapan individu dalam menjalankan tugas-tugasnya pada saat ini dalam suatu organisasi (Nadler, 1982). Dan menurut Shofiatun (2000 : 38); Menyatakan bahwa pelatihan adalah suatu proses belajar mengajar dengan menggunakan teknik dan metode tertentu guna meningkatkan keterampilan dan kemampuan bekerja seseorang.

Menurut Sakula ( 1981 ) dalam bukunya “Personnel Administration and Human Resources Management”, sebagaimana dikutip oleh Martoyo ( 2007: 57 ); Mendifinisikan “pelatihan” sebagai suatu pendidikan jangka pendek melalui suatu proses yang sistematis dan tepat guna serta terorganisir secara prosedural yang diikuti oleh beberapa orang untuk belajar teknik, ilmu pengetahuan, dan keterampilan yang telah ditentukan tujuannya.

Selanjutnya apa perbedaan atau persamaan antara “pelatihan” dengan “pendidikan” ; Sakulla dengan jelas juga telah membedakan antara “pelatihan” dan “pendidikan”. Pendidikan pada dasarnya adalah suatu proses pengembangan sumber daya manusia. Sakulla dalam buku yang sama telah memberikan pembatasan pengembangan atau “development” dalam pengertian “pendidikan” sebagai berikut : Pengembangan atau Pendidikan adalah pendidikan jangka panjang melalui suatu proses yang sistematis dan tepat guna serta terorganisir secara prosedural yang diikuti oleh beberapa orang untuk belajar konsep, teori dan ilmu pengetahuan secara keseluruhan. Meskipun pengertian “pelatihan” dan “pendidikan” ada perbedaan, namun keduanya mempunyai kesamaan tujuan yang sama yaitu peningkatan keterampilan ataupun kemampuan dalam “human relations”. Kedua kegiatan (“training” dan “development”) tersebut pada dasarnya merupakan investasi sumber daya manusia atau bahkan sebagai suatu modal investasi (capital investment) dari suatu organisasi. Dan untuk mengetahui kecakapan apa dan seberapa bobot “skills” yang diperoleh/diberikan pada masing-masing kegiatan dapat dilihat pada bagan gambar berikut (Martoyo, 2007 : 59 ) :


0 comments:

Post a Comment