Proses dan Fungsi Management


Menurut pendapat para ahli managemant , pelaksanaan managemant melalui suatu proses kegiatan tertentu dengan fungsi yang saling berkaitan. Dalam hal ini proses dan fungsi mempunyai pengertian yang sama.
Yang dimaksud dengan proses adalah serangkaian tahap kegiatan mulai dari awal penentuan sarana sampai dengan akhir pencapaian tujuan , sedangkan kegiatan yang berlangsung merupakan fungsi dari managemant.
1.      Dalton E, Mc. Farland membagi funsi managemant menjadi 3 kegiatan;
a.       Perencanaan (planning)
b.      Pengorganisasian (organizing)
c.       Pengawasan (controlling)
2.      George R. Ferry menyebutkan bahwa proses managemant terdiri dari 4 kegiatan;
a.       Perencanaan (planning)
b.      Pengorganisasian ( organizing)
c.       Pelaksanaan (actuating)
d.      Pengawasan (controling)
3.      Koontz , H. Dan O’Donnel membagi managemant menjadi 5 kegiatan;
a.                 Perencanaan (planning)
b.                Pengorganisasian ( organizing)
c.                 Penyusunan pegawai ( staffing)
d.                Pengarahan (directing)
e.                 Pengawasan (controling)
4.      William H. Newman mengemukakan pendapat mengenai tugas seorang manager meliputi 5 kegiatan;
a.       Perencanaan (planning)
b.      Pengorganisasian (organizing)
c.       Pengumpulan sumber (assembeling resources)
d.      Pengndalian (supervising)
e.       Pengawasan (controling)
5.      Luther Gulic, berpendapat bahwa proses dari adminitrasi dan managemant mencangkup 7 kegiatan, antara lain;
a.       Perencanaan (planning)
b.      Pengorganisasian (organizing)
c.       Penyusunan pegawai (staffing)
d.      Pengarahan (directing)
e.       Pengkordinasian (cordinating)
f.       Pelaporan (reporting)
g.      Pembiayaan (eudgeting)


0 comments:

Post a Comment