Suatu pasar terdiri dari seluruh
perusahaan dan individu yang ingin dan mampu untuk membeli serta menjual suatu
produk tertentu. Karakteristik pasar yang paling penting adalah jumlah dan
ukuran distribusi para pembeli dan penjual serta tingkat diferensiasi produk.
Secara tradisional, pasar dibagi menjadi empat macam.
Persaingan Sempurna adalah struktur pasar yang ditandai oleh
jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Transaksi setiap individu
tersebut (pembeli dan penjual) sangat kecil dibandingkan output industri total
sehingga mereka tidak bisa mempengaruhi harga produk tersebut. Para pembeli dan
penjual secara individual hanya bertindak sebagai penerima harga (price
takers). Tidak ada perusahaan yang menerima laba di atas normal dalam
jangka panjang dalam pasar persaingan sempurna ini.
Monopoli adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang
produsen tunggal. Suatu perusahaan yang monopolistik secara serentak bisa
menentukan harga produk dan jumlah outputnya. Bagi sebuah monopoli adalah
mungkin untuk memperoleh laba di atas normal, bahkan dalam jangka penjang
sekalipun.
Persaingan Monopolistik adalah pasar yang sangat mirip dengan
persaingan sempurna, tetapi
sedikit dibedakan dengan persaingan sempurna karena dalam persaingan
monopolistik ini konsumen mengetahui perbedaan-perbedaan di antara produk dari
perusahaan-perusahaan yang berbeda. Seperti halnya dalam persaingan sempurna,
maka dalam persaingan monopolistik ini laba di atas normal hanya bisa diperoleh
dalam jangka pendek.
Oligopoli adalah struktur pasar di mana hanya ada
sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri.
Oligopoli dibagi lagi menjadi oligopoli terdiferensiasi (differentiated
oligopoly) di mana produk tidak dibakukan (unstandardized), misalnya
mobil, dan oligopoli tak terdiferensiasi (undifferentiated oligopoly) di
mana produk dibakukan, misalnya baja. Dalam oligopoli ini, keputusan-keputusan
mengenai harga dan output dari perusahaan-perusahaan yang ada tergantung satu
sama lain. Hal tersebut berarti bahwa jika satu perusahaan mengubah harganya,
maka perusahaan lainnya akan bereaksi dan informasi perubahan harga tersebut
akan dimasukkan ke dalam masalah pembuatan keputusan mengenai harga dan output
perusahaan-perusahaan itu.
0 comments:
Post a Comment